Selasa, 02 Juli 2024

7/2/2024 Kota-Kota Kosong di Dunia

 Kota-Kota Kosong di Dunia

Dipikiranku, kota yang sengaja dibangun sejak awal akan selalu padat dengan penduduk yang beraktivitas. Namun, terdapat kota-kota yang ditinggalkan penduduknya dan menjadi kota kosong tak berpenghuni.

Banyak alasan dibalik kepindahan dan kekosongan tersebut. Namun, hal tersebut kadang membuat sebuah misteri yang banyak dibicarakan. Nah, kali ini aku akan membahas beberapa kota kosong yang ada di dunia yang amat sangat luas ini.

Gunkanjima

Aku ingat pernah nonton film dengan seting persis kota pulau ini. Tapi aku lupa judulnya. Sebelum aku tahu keberadaan pulau ini, aku mengira film itu mengada-ada. Rupanya memang terinspirasi.

Gunkanjima, adalah sebuah pulau tak berpenghuni yang terletak di Jepang. Walaupun tidak dihuni manusia, pulau ini masih ditumbuhi rumput liar dan burung camar.

Nama aslinya adalah Pulau Hashima. Namun, dikarenakan visualnya yang mirip kapal perang, maka diberi nama Gunkanjima yang berarti Gunkan = kapal perang, dan Jima = Pulau.

Mulanya, Gunkanjima dibangun untuk menunjang proses pertambangan batu bara yang ditemukan di pulau tersebut. Pulaunya telah dibeli oleh PT. Mitsubishi. Pada tahun 1890.

Perusahaan tersebut juga membangun hunian berupa rumah susun 9 lantai untuk tempat tinggal karyawan, dan beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti kuil, sekolah, toko, pemakaman, serta restoran. Tujuannya jelas untuk menghemat biaya pulang pergi  dari area tambang ke pulau utama serta memberikan fasilitas lengkap ke karyawan.

Semua berubah karna tahun 1974, minyak bumi lebih umum digunakan sehingga tambang batu bara ditutup. PT. Mitsubishi memberikan kompensasi dengan pekerjaan baru sehingga karyawan beserta keluarga segera meninggalkan pulau tersebut.

Saat berpenghuni, pulau ini bisa dibilang sangat padat penduduk. Dengan luas 400 x 140 meter, penduduknya >4900 orang. Namun kini, hanya tersisa bangunan terbengkalai dengan beberapa benda yang sengaja ditinggalkan pada tahun 1974.

Walau sempat ditutup selama puluhan tahun, namun pada 2009 pulau ini dibuka untuk para wisatawan yang ingin menelusuri jejak kehidupan di Gunkanjima.

Bodie





Aku pernah tahu kota ini juga sebab menonton film. Aku lupa judulnya, namun film bergenre romatis yang amat bagus. Latarnya persis seperti kota ini namun versi ada peghuninya.

Pada 1850an dua sohib bapak-bapak menemukan emas disuatu wilayah yang berada disebelah timur Sierra Nevada lalu mendirikan tambang emas. Kisah itulah yang menjadi awal mula berdirinya Kota Bodie.

Saat itu, di Amerika banyak orang-orang yang berkompetisi memperoleh emas diwilayah-wilayah yang terindikasi terdapat emas. Salah satu Kota yang paling ramai dikunjungi yakni Kota Bodie. Sayangnya, salah satu dari bapak-bapak yang menemukan Kota Bodie meninggal duluan sebelum melihat keramaian Kota Bodie.

Sama halnya dengan Gunkanjima, Kota Bodie juga berkembang dan memiliki fasilitas lengkap bagi penduduknya yang semakin banyak. Sampai 10.000 orang!

Kota Bodie dilengkapi dengan rumah hotel, restoran, tempat hiburan, dan kantor surat kabar kota tersebut. Kota Bodie yang mulanya tambang kecil menjadi kawasan pertambangan emas yang terkenal dan ramai.

Sebab ramainya pertambangan, emas makin menipis dikawasan Kota Bowie. Puncaknya pada tahun 1890-an emas sudah semakin sulit ditemukan oleh penambang di Kota Bodie.

Beberapa penambang, berpindah ke kota tambang emas lain. Sedangkan beberapa yang tersisa bertahan dan tetap mencoba peruntungan di Kota Bodie.

Semakin hari semakin sepi, penduduk Kota Bodie yang mayoritas penambang semakin merasa terisolir. Terutama Kota Bodie adalah kota yang kering dengan medan dan iklim sangat panas keras. Yang menarik di Kota Bodie hanya emas, dan kini telah tiada sehingga penduduk tersisa benar-benar pindah.

Kota Bodie telah menjadi salah satu kota kosong di Amerika. Bangunannya masih berdiri dengan segala peninggalannya didalamnya. Meski telah ditinggalkan dan tidak pernah terdapat renovasi, Kota Bodie tetap dijaga bentuk bangunannya oleh para penjaga.

Nah, itu dulu tulisanku hari ini tentang Kota-kota kosong di dunia. Tertarik mengunjunginya?

-mils

Sumber: Majalah Bobo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar