Senin, 01 Juli 2024

7/1/20204 Ragam Fauna

 Ragam Fauna: dari Platypus, Berang-Berang, hingga Mirkat.

Karena aku sudah agak kekurangan ide, aku akan menulis tentang ragam fauna. Kebanyakan adalah fauna unik favoritku. Nah, berikut daftar dan informasi singkatnya.

Platypus

Saat aku SD, aku selalu mengira semua mamalia adalah fauna vivipar. Namun ternyata ada mamalia yang berbeda bernama Platypus (Ornithorhynchus anatinus).

Berbeda dengan mamalia lain seperti anjing, beruang, kelinci, dan kucing , Platypus justru bertelur. Walaupun begitu, Platypus termasuk kategori mamalia karena menyusui anaknya.

Bentuk dari Platypus terbilang unik. Selain bertelur dan menyusui anaknya, Platypus juga berbisa, memiliki kaki berselaput seperti berang-berang, dan berparuh bebek.    

Platypus berhabitat di perairan dan juga daratan, Kaki berselaputnya sangat memungkinkan Platypus menjadi penyelam handal di perairan. Selain dilengkapi dengan selaput, kaki Platypus juga dilengkapi dengan cakar sehingga memungkinkan Platypus berjalan di daratan dan membuat tempat tinggal berupa terowongan tanah.

Platypus merupakan fauna asli Benua Australia dan banyak tersebar di New South Wales. Berat badannya sekitar 1-2 kg. Platypus sering dibilang duplikat bebek dan berang-berang sebab visualnya.

Walau secara visual lucu, nyatanya Platypus berbisa. Bisanya digunakan sebagai pertahanan diri atas musuh untuk menjaga wilayahnya. Bisanya hanya bisa dikeluarkan oleh Platypus jantan dan terletak di kakinya.

Kini, Platypus termasuk kedalam fauna yang terancam punah akibat banyaknya kerusakan pada habitatnya.

Berang-Berang

Berang-berang memiliki banyak sekali spesies. Setidaknya terdapat 13 spesies. Sama halnya dengan Platypus, Berang-berang juga berhabitat di perairan dan daratan. Konon katanya, perairan yang terdapat Berang-berang menandakan airnya berkualitas.

Bentuk berang-berang tidak selalu sama, tergantung spesiesnya. Secara garis besar, Berang-berang memiliki kaki berselaput, bulu yang lebat, dan tubuhnya yang ramping.

Berang-berang hidup berkelompok namun hanya bersama dengan keluarganya. Adapun berang-berang yang tinggal menyendiri. Walaupun Namanya sama berang-berang, tiap spesies memiliki karakteristik yang berbeda-beda tidak hanya bentuknya bahkan cara hidup, kegiatan, dan makanannya.

Kebanyakan berang-berang menciptakan rumah berupa sarang yang khas yakni membendung aliran di perairan dengan dahan kayu. Namun, tidak semua berang-berang demikian.

Ada pula, berang-berang yang membuat sarang di dalam akar kayu ataupun membentuk sarang dari bebatuan dan dahan. Berang-berang gemar memakan ikan, namun ada juga yang memakan fauna lain seperti burung, katak, kepiting, tergantung habitat dan spesiesnya.

Berang-berang menjadi populer dan banyak digemari karena tingkahnya yang lucu. Saat siang hari, berang-berang dewasa akan sering berjemur dan mengapung santai di perairan bersama anaknya.

Berang-berang juga gemar bermain perosotan atau mengumpulkan barang-barang. Yang jelas, berang-berang terkenal cukup santai.

Meerkat

Pernah denger hewan ini ga? Namanya Meerkat (Suricata suricatta) yang berhabitat asli Afrika seperti di Afrika Selatan, Angola, Botswana, dan Namibia.

Bentuknya mirip garangan namun lebih kecil. Kepalanya lebar, matanya besar (seperti karakter anime, heheh), punya moncong, punya pola bulu dibadannya yang belang, ekor memanjang dan runcing.

Berhabitat di gurun yang panas dan kering, Meerkat beradaptasi dengan menggali gurun. Kakinya yang memiliki fitur cakar tajam, memungkinkan menggali pasir, tanah keras, hingga batuan di gurun. Selain itu, Meerkat juga diberkati dengan kemampuan termoregulasi agar dapat bertahan hidup di habitatnya yang ekstrem.

Meerkat terkenal akan tingkah lakunya yang selalu hidup berkelompok. Mereka juga hidup dengan saling bekerja sama dalam melakukan pekerjaan domestik. Mirkat memiliki hal yang tak kalah unik, yakni saat berkomunikasi dengan kawanannya. Mereka memiliki kode yang hanya dipahami oleh sesama Meerkat. Mulai dari ajakan menggali tempat tinggal, mencari makan, hingga waspada keberadaan predator.

 Nah, itu dulu tulisan dariku. Semoga menghibur

-mils

 

Sumber: Majalah Bobo, Wikipedia fauna

 


1 komentar:

  1. Eh baru tau berang-berang ada 13 spesies dari sini. Makasih loh kak nice infonya

    BalasHapus