Rabu, 03 Juli 2024

7/3/2024 Rekomendasi Kegiatan yang Dapat Dilakukan Saat Senggang

 Rekomendasi Kegiatan yang Dapat Dilakukan Saat Senggang

Karena kali ini aku kehabisan ide nulis lagi, aku akan memberikan rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan saat memiliki waktu luang atau senggang. Nah, berikut daftar kegiatannya

Bebersih

Aku tidak begitu tahu padanan kata baku dari bebersih. Mungkin bersih-bersih atau beres-beres. Bersih-bersih sering aku lakukan saat luang dan merasa sangat galau (sumpek)

Walau terlihat amat remeh dan sederhana. Positifnya, tubuh menjadi bergerak, kamar ataupun ruangan lain di rumah jadi lebih bersih dan rapi, serta pikiran menjadi lebih jernih.

Aku sangat merekomendasikan kegiatan ini apabila sedang dimasa sulit secara finansial (sebut aja bokek) untuk melakukan kegiatan lain dan ogah untuk keluar rumah.

Menonton Film atau Series.

Ini merupakan jalan ninjaku saat senggang dan suntuk. Saat bermain sosial media tak lagi menarik maka aku akan mecoba menonton film ataupun series.

Sebelum menonton, biasanya aku mencari rekomendasi terlebih dahulu. Terkadang juga membaca sinopsisnya. Namun, tak jarang aku juga langsung menonton tanpa ekspektasi apapun.

Bagiku, menonton film atau series sama halnya menonton sebuah kehidupan orang. Walau fiksi, namun cukup memberi sebuah pengalaman lain diluar kebiasaan hidup. Tak jarang, aku menemukan beberapa film yang memiliki amanat yang sangat kuat dan bagus, tapi terkadang juga zonk.

Membaca Buku

Bagi yang memiliki hobi ini, membaca buku terutama novel akan sangat menyenangkan. Sama halnya menonton film atau series, membaca buku juga dapat memberikan pengalaman untuk menjelajah karakter didalamnya.

Bedanya, membaca berbeda dengan melihat visual video. Membaca menekankan untuk membaca sekaligus mengimajinasikan narasi dalam bacaan.

Ini cukup kompleks namun cukup menyenangkan dan seru. Untuk pembaca baru, akan sangat sulit bila memulai membaca dari kisah yang amat berat sehingga bisa dipertimbangkan untuk kisah yang lebih sederhana untuk dinikmati.

Memasak

Memasak mungkin terdengar ribet dan mahal. Namun, memasak juga memberikan efek positif bila makanan yang dibuat berhasil. Sekalipun gagal dan rasanya zonkpun juga akan merasa lebih lega karna telah berhasil menantang diri sendiri untuk memasak.

Walau kadang bahan yang dibutuhkan mahal, namun hal tersebut dapat diatasi dengan mencoba memasak makanan yang sederhana. Banyak sekali masakan kekinian yang bahan bakunya dari pertepungan. Nah, celah ini dapat digunakan untuk memasak.

Bagiku, memasak tidak hanya untuk membuat lauk sehari-hari. Namun juga untuk membuat diri sendiri lebih percaya diri dan kreativitas.  

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan kegiatan menyehatkan yang paling sederhana dan murah. Jalan kaki akan sangat menyenankan terutama bila wilayah tempat tinggal nyaman dan aman seperti diperkotaan dengan banyak trotoar atau area publik ramah pejalan kaki serta dipedesaan.

Jalan kaki yang dilakukan rutin dan lebih >40 menit termasuk kategori olahraga loh. Selain itu, bila dilakukan rutin akan memberikan rutinitas positif dan membuat tubuh lebih bugar ketimbang berdiam saja.

Mengitung dan Memainkan Permainan Memori

Akhir-akhir ini, ada kegiatan yang membuatku tertarik yakni menghitung dan memainkan permainan memori (hal ini timbul sebab aku menonton University War dan Clash of Champion). Otakku yang sudah lama tidak kugunakan berpikir keras serasa tiba-tiba bekerja dari biasanya dan efeknya ternyata cukup lumayan.

Dalam menghitung, biasanya aku menantang diri dengan menghitung pangkat dan faktorial. Tentu saja aku tidak sejenius orang-orang di program University War dan Clash of Champion yang bisa sampai banyak digit. Namun benar-benar lumayan untuk otakku.Sedangkan untuk permainan memori, aku hanya sekedar mengingat random hal-hal yang telah kulihat dan kutes kembali untuk menilai sebera kuat memoriku.

Nah, itu dulu tulisan unfaedahku hari ini. Aku harap rekomendasi ini bisa membantu walaupun sedikit. Sampai bertemu ditulisan selanjutnya

-Mils


Sumber gambar: Istock

4 komentar:

  1. Sebenernya kalo senggang tuh kadang males buat beraktivitas pengen nya tuh rebahan atau kalo nggak cuma liat tv atay scroll sosial media tapi berkat tulisan kakak jadi sedikit kesadar 🤭 Makasih kak sudah diingatkan

    BalasHapus
  2. Makasi kak jadi ada inspirasi kegiatan

    BalasHapus
  3. Paling enak rebahan sambil baca novel. Tapi rekomendasi kakak bagus buat dicoba

    BalasHapus
  4. Tulisannya berfaedah banget, kak.
    Ini jadi inspirasi aku buat coba diwaktu senggang. Biasanya cuman rebahan aja ketika ketemu si senggang.hhe

    BalasHapus