Senin, 10 Juni 2024

6/10/2024 Semua tentang Sahabat Pena

 Semua tentang Sahabat Pena



Saat aku masih kecil, kerap kali dibelikan Majalah Bobo oleh ibuku. Disalah satu rubiknya, memuat tentang sapen (Sahabat Pena).

Aku yang masih kecil, tidak terlalu tertarik. Namun, saat beranjak dewasa aku mulai ingin memulainya.

Nah, dari situ muncul berbagai hal yang membuatku penasaran tentang Sahabat Pena

Sahabat Pena

Sahabat Pena adalah orang yang bertukar surat dengan orang lain untuk berteman dengan seseorang yang belum pernah ditemui sebelumnya. Sahabat Pena dapat berupa surat fisik atau surat elektronik melalui sosial media.

Meskipun di era teknologi yang semakin canggih, nyatanya bertukar surat secara fisik masih kerap dilakukan oleh Sahabat Pena diseluruh dunia. Namun, memang beberapa sudah beralih ke surat fisik untuk alasan efisiensi dan menghemat biaya pos yang semakin mahal.

Mengapa Sahabat Pena dilakukan?

Melalui pengamatanku, Sahabat Pena dilakukan untuk:

Tugas sekolah

Terdapat guru Bahasa Inggris yang memberikan tantangan pada muridnya untuk mencari Sahabat Pena dari negara yang menggunakan Bahasa Inggris dalam keseharian.

Hal tersebut dilakukan untuk menumbuhkan kebiasaan berinteraksi menggunakan Bahasa Inggris melalui kegiatan membaca dan menulis surat.

Mempelajari Budaya

Tak hanya untuk mengasah kemampuan berinteraksi menggunakan Bahasa Inggris, Sahabat Pena juga kerap kali berinteraksi untuk bertukar informasi terkait budaya di tempat tinggalnya.

Mengoleksi Sesuatu

Beberapa orang, memiliki hobi atau target dalam mengoleksi barang. Dalam bahasan Sahabat Pena, aku biasa menemukan seseorang yang memulai mencari Sahabat Pena untuk bertukar barang seperti postcard, stiker, washi tape, memo, teh, dan barang-barang mungil lainnya

Memperoleh teman dengan hobi yang sama

Beberapa orang memilih untuk berteman dengan seseorang yang memiliki hobi yang sama agar percakapan tidak satu arah dan selalu interkatif. Misal seseorang yang memiliki hobi berkaitan dengan KPOP akan cenderung mencari Sahabat Pena yang memiliki hobi serupa.

Semua hal diatas, tentu subjektif dari pengamatanku. Mungkin terdapat hal lain yang tidak aku ketahui.

Bagaimana cara mencari Sahabat Pena?

Saat ini, tersedia banyak sekali tools yang dapat menghubungkan seseorang untuk memperoleh Sahabat Penanya, yakni melalui:

Aplikasi

Di google play store tersedia aplikasi untuk melakukan proses pertukaran surat yang sangat menarik. Nama aplikasinya yakni “Slowly

Wakaupun secara dari daring, namun proses pertukaran suratnya juga memiliki jarak waktu dengan Sahabat Pena sesuai lokasinya.

Adapun fitur menarik lainnya yakni, menyediakan avatar yang dapat dibuat sesuai keinginan.

Web

Terdapat berbagai web yang dapat menjadi sarana untuk mencari Sahabat Pena. Antara lain, penpal world, hi! penpal!, interpals.

Aku pribadi pernah memakai penpal world, kekurangannya yakni dalam sehari hanya diperbolehkan berinteraksi dengan 3 orang saja bila tidak premium.

Lalu, bila ingin lebih ekonomis, maka bisa mencari Sahabat Pena melalui web postcrossing. Sehingga, memungkinkan seseorang hanya saling bertukar pesan singkat melelui kartu pos

Instagram

Banyak tersedia akun yang memfasilitasi seseorang menemukan Sahabat Penanya seperti penpalfinder, penpalworld, penpalserach.

Dalam praktiknya, seseorang dapat mengapply dirinya dengan mengenalkan diri secara singkat dan target Sahabat Pena seperti rentang umur, lokasi, dan hobi.

Seseorang juga bisa melakukan interaksi pada calon Sahabat Pena yang telah apply dengan melakukan percakapan melaui DM.

Adapun, cara lain yakni dengan mencari Sahabat Pena melalui tagar seperti #penpalmatch #penpalwanted #snailmail #penpals

Adapun isi surat untuk Sahabat Pena bermacam-macam. Namun, ada baiknya hanya mengirimkan hal-hal kecil dan ringkas dikarenakan ongkos pos yang mahal.

Untuk referensi barang: Surat, stiker, daftar pertanyaan, daftar rekomendasi lagu/film/novel, teh, dan kartu pos.

Nah, itulah semua tentang Sahabat Pena yang kutahu. Siapapun bisa mencobanya, namun harus ingat, untuk selalu waspada dalam berinteraksi dengan orang asing dan dapat memilah informasi pribadi yang dapat dibagikan.

Selamat mencari Sahabat Pena

-mils

Tidak ada komentar:

Posting Komentar