Jumat, 21 Juni 2024

6/21/2024 Edisi Negara Impian: Yordania

 Negara Maju di Timur Tengah: Yordania


Apa yang terlintas saat mendengar Negara Yordania?

Awalnya aku dulu yang minim literasi, menganggap semua negara Timur Tengah mengalami krisis dan berkonflik. Nyatanya tidak semua.

Pada suatu saat, aku menonton konten traveler kesukaanku dan mengubah persepsiku bahwa tiap negara Timur Tengah entah yang krisis dan berkonflik atau tidak, tetap tidak mengurangi keindahan dan nilai historisnya.

Bermula dari situ, aku jadi memiliki keinginan kuat untuk bisa pergi melakukan perjalanan ke negara-negara di Kawasan Timur Tengah. Negara-negara yang termasuk Kawasan Timur Tengah antara lain Aljazair (sudah kubahas pada edisi sebelumnya), Arab Saudi, Bahrain, Iraq, Iran, Kuwait, Libya, Lebanon, Maroko, Mesir, Oman, Uni Emirat Arab (UEA), Palestina, Yaman, dan Yordania.

Kali ini aku akan membahas tentang Yordania. Nah, berikut profil singkat yang telah kurangkum.

Yordania biasa dikenal dengan Jordan memiliki sebutan lain yakni Al-Mamlakah al-Urduniyyah al-Hāshimiyyah, Al-Urdun serta Kerajaan Hashemite Yordania merupakan sebuah negara yang letaknya di gurun berbatu di Semenanjung Arab bagian utara.

Yordania memiliki peranan penting dalam latar peradaban kuno sekaligus rumah bagi berbagai Kekaisaran dari abad lampau. Bila berbincang terkait Kekaisaran kuno, apa yang langsung terlintas? Yunani, Persia, Bizantium, dan Romawi? Nyatanya, semua kekaisaran yang baru disebutkan pernah mengendalikan wilayah Yordania saat ini.

Tak heran, walau kini telah mencapai era modern, Yordania merupakan negara dengan kekayaan nilai historis yang tinggi dan telah diakui dengan banyaknya situs arkeologi disana.

Yordania resmi didirikan pada 1921 sebagai negara dibawah mandat Kerajaan Inggris dan berhasil merdeka pada 25 Mei 1946. Sebagai salah satu negara di Timur Tengah, bisa dibilang Yordania terbuka dan memiliki kebijakan yang pro-barat. Yordania juga memiliki banyak Kerjasama (terutama hubungan diplomatic) menguntungkan dengan berbagai negara dan aktif berkontribusi dalam Organisasi seperti Liga Arab, Organisasi Kerja Sama Islam, Organisasi Perdagangan Dunia, dan masih banyak lagi.

Yordania berbentuk monarki konstitusional yang berarti Raja memiliki kuasa sebagai kepala negara dan panglima Angkatan bersenjata serta terdapat perdana Menteri yang bertugas sebagai kepala cabinet dan pemimpin menteri.

Saat ini, raja yang berkuasa yakni Raja Abdullah II dengan Putra Mahkota Hussein II sedangkan Perdana menterinya yakni Bisher Al-Khasawneh.

Beralih ke topik tempat-tempat di Yordania yang paling ingin aku kunjungi yakni:

Petra. Petra merupakan objek wisata paling popular di Yordania. Petra merupakan simbol peradaban Nabatea Arab yang menjadikannya sebagai salah satu pos perdagangan diwilayah tersebut sejak abad 4 SM. Letaknya yang tidak biasa yakni diantara tebing-tebing menambah keindahan Petra beda dari objek wisata lainnya.

Aqaba. Aku sangat ingin melihat dan menikmati reruntuhan Tall Hujayrat Al-ghuzlan yang berada di Aqaba

Laut Mati. Pasti semua sudah tidak asing dengan Danau tanpa kehidupan yang memiliki kadar garam sangat tinggi ini. Aku sangat ingin mencoba terapung diatas air Laut Mati.

Ada satu hal yang menarik bagiku tentang Yordania. Yakni terdapat gua yang dipercaya merupakan lokasi 7 pemuda tertidur selama 309 tahun dalam kisah Ashabul Kahfi . Sebenarnya masih sering diperdebatkan dan akhirnya terdapat kandidat lokasi. Lalu, gua di Yordania ini menjadi kandidat terkuat yakni sebuah gua yang terletak di Kota Abu Alanda. Bagaimana kebenarannya? wallahualam

Oiya, bila kesuatu negara tentu bisa mengeksplor berbagai kotanya yang menarik untuk dikunjungi. Untuk Yordania, aku sangat tertarik untuk pergi ke Kota Amman, Zarqa, Irbid, dan ajloin.

Nah, itulah profil singkat Negara Yordania yang telah aku rangkum. Semoga dengan tulisan ini dapat memberi sebuah informasi baru dan jadi membuat kalian semua juga ingin ke Yordania.

-mils

 

 

Sumber: Britannica, Wikipedia, Tokopedia travel, Tempo.co


Tidak ada komentar:

Posting Komentar