Rabu, 19 Juni 2024

6/19/2024 Edisi Negara Impian: Kazakhstan

 Kazakhstan, Negri Indah Asia Tengah

Tau ga kampung halaman buah apel? Yap, kampung halaman buah apel adalah Negara Kazakhstan. Tak hanya kampung halaman buah apel, Kazakhstan juga kampung halaman bunga tulip.

Nah, berbekal Too Much Information (TMI) itu, aku mulai mencari lebih jauh terkait Kazakhstan. Sebuah negara di Asia Tengah yang amat sangat indah.

Berikut profil singkat dan beberapa TMI yang berhasil aku kumpulkan.

Secara geografis, Kazakhstan berada di Kawasan benua Asia Tengah namun terdapat sedikit bagian Kazakhstan yang berada di Kawasan benua Eropa Timur. Kazakhstan memiliki wilayah yang sangat luas dan menempati posisi ke-9 didunia. Walaupun begitu, populasinya hanya 15 juta penduduk saja.

Sejarah terbentuknya Kazakhstan tak luput dari Uni Soviet. Kazakhstan tergabung dalam Uni Soviet sejak tahun 1920. Namun, berhubung Uni Soviet bubar Kazakhstan pun memerdekakan diri sebagai Republik Kazakhstan pada 16 Desember 1991. Sekedar informasi tambahan, di Kazakhstan masih banyak ditemukan peninggalan Uni Soviet berupa arsitektur khas Uni Soviet.

Kazakhstan memiliki kekayaan yang sangat melimpah. Dari sektor pariwisata, keindahan alam yang sangat luar biasa seperti area pegunungan dan danaunya, membuat Kazakhstan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang banyak digandrungi. Selain itu, Kazahkstan juga sangat unggul disektor pertanian dan pertambangan.

Ngobrolin tentang sebuah negara tek lengkap bila tidak membahas tentang penduduknya. Di Kazakhstan, mayoritas penduduknya merupakan Etnis Kazakh disusul Etnis Rusia. Etnis lain mencakup Etnis Ukraina, Uzbek, Jerman, Uygur, Tatar, dan Korea.

Nah, terkait Etnis Korea, aku memiliki rasa penasaran tersendiri jadi aku akan mencoba membahas singkat bagaimana bisa Etnis Korea berada di Kazakhstan. Pada akhir abad ke-19, terdapat banyak Orang Korea yang dipindah paksa oleh Kekaisaran Rusia (yang kemudian dibawah kuasa Uni Soviet) ke wilayah Asia Tengah dan sedikit wilayah Rusia. Orang Korea inilah yang menjadi cikal bakal adanya komunitas Etnis Korea yang disebut koryo-saram di wilayah Asia Tengah sekarang termasuk di Kazakhstan. Komunitas ini berkembang dan berkontribusi dalam pembentukan budaya dan sejarah tersendiri.

Beralih ke topik lain, lalu bagaimana dengan agama yang dianut oleh kebanyakan penduduk Kazakhstan? Di Kazakhstan mayoritas merupakan muslim dilanjutkan dengan Kristen Ortodoks, budha, dan lain-lain. Maka dari itu, bisa dikatakan Kazakhstan sangat ramah bagi wisatawan muslim.

Hanya saja, setelah aku telusuri makanan-makanan di Kazakhstan sendiri terkenal sangat mahal dibanding dengan negara Asia Tengah lainnya. Namun, tidak perlu khawatir untuk hal lain seperti transportasi di Kazakhstan, terkenal sangat ramah dikantong para wisatawan.

Sebagai informasi tambahan, Wisatawan Indonesia bebas visa bila pergi ke Kazakhstan. Kota yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi bila ke Kazakhstan tentu saja ibu kotanya yakni Almaty. Lalu, salah satu tempat yang wajib dikunjungi bila ke Almaty yakni Green Bazaar yakni sebuah pasar tertua yang berada dalam ruangan.

Nah, itulah sedikit yang bisa aku rangkum tentang Negara Kazakhstan. Sampai bertemu diedisi negara selanjutnya

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar