Sabtu, 22 Juni 2024

6/22/2024 Edisi Negara Impian: Italia

 Negara Asal Spaghetti dan Pizza: Italia

Bagaimana kalian mengenal Italia?

Olahraga sepak bola?

Otomotif berupa mobil mewah Ferrari?

Makanan lezat seperti Spaghetti dan Pizza?

Kota-kotanya yang indah seperti Bologna, Roma, Crema?

Pada mulanya, aku hanya tahu Italia sebatas salah satu negara maju di Benua Eropa. Namun, aku jadi menjadi sangat tertarik dengan Italia sebab menyukai F1 dan tenis.

Di F1, aku sangat menyukai Tim Ferrari (aku ingin mengatakan diriku tifosi, tapi pengetahuanku masih belum sebanyak itu terhadap F1 dan Ferrari). Tim tersebut merupakan tim legendaris. Bagaimana tidak, Ferrari merupakan satu-satunya tim yang membuat mesin untuk mobil sendiri sejak F1 pertama kali ada (yakni pada tahun 1950). Pusat atau Headquarters (HQ) Ferrari berada di Kota Maranello dan terdapat Museum Ferrari di kota Modena.

Kalau di tenis, aku mulai mencoba mengikuti turnamen dan atlet tenis. Karna bagiku, tenis lumayan seru untuk ditonton sama halnya dengan olahraga favoritku sebelumnya yakni bulu tangkis. Nah, salah satu atlet tenis kesukaanku bernama Jannik Sinner yang berasal dari Italia. Dari situ, aku jadi makin suka Italia.

Sebenarnya masih banyak lagi sih, bagaimana aku semakin suka Italia. Namun, setelah ini aku akan membahas terlebih dahulu profil singkat dari Negara Italia.

Italia atau nama resminya Republik Italia berbentuk negara kesatuan republik parlementer. Italia kaya akan sejarah bangsa dan peradaban. Sebagai bahasan utama yakni Suku Italic atau Bangsa Latin membentuk Kerajaan Romawi di wilayah Italia masa kini (Romawi mengacu pada penyebutan Italia pada masa itu bukan Romania).

Jadi, singkatnya Italia mengalami banyak fase termasuk prasejarah kuno, abad pertengahan, Kerajaan, rezim fasis, hingga berakhir seperti masa kini yakni Republik Italia yang ditandai sejak 2 Juni 1946.

Iklim di Italia yakni iklim sedang dan iklim mediterania. Oh iya, di Italia pembagian wilayahnya terbagi menjadi 20 region yang total didalamnya terdapat 110 provinsi.

Bahasa yang digunakan di Italia yakni Bahasa Italia disertai dengan dialek sesuai wilayah. Sedangkan agama, di Italia mayoritas penduduknya menganut agama Katolik Roma.

Kelebihan italia, terutama berkaitan dengan budaya, Bahasa, sastra, seni rupa, dan arsitekturnya yang telah diakui oleh Situs Warisan Dunia UNESCO. Yang tak kalah identiknya dari Italia adalah industri mode, olahraga, makanan, dan otomotif. Bisa dibilang Italia adalah negara yang serba ada dan sangat unggul disegala aspek.

Selanjutnya, beralih pada bahasan tempat yang paling ingin aku kunjungi bila ke Italia.

Aku paling ingin bisa ke 2 sirkuit yang selalu ada dikalender F1 yakni Sirkuit Imola di Kota Bologna Region Emilia-Romagna sekaligus mengunjungi tribut dan taman untuk mengenang legenda F1 Ayrton Senna serta bisa ke Sirkuit Monza yang telah ada dalam kalender balapan sejak pada tahun 1950.

Selanjutnya, aku ingin sekali mengeksplor keindahan alam dan arsitektur kota di Italia termasuk Kota Bologna, Crema, Tuscany, termasuk semua kota Italia bagian Selatan.

Masih banyak lagi sebenarnya, termasuk bisa melihat pegunungan Dolomites dan bisa berkunjung ke markas dan museum Ferrari di Italia langsung.

Nah, segitu dulu tulisanku kali ini terkait Italia. Tulisan ini juga mengakhiri edisi negara Impian diminggu ini. Terima kasih telah membaca tulisan ini 😊

-Mils

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar