Kamis, 20 Juni 2024

6/20/2024 Edisi Negara Impian: Lithuania

 Mengenal Salah Satu Negara Baltik: Lithuania



Pernah dengar Lithuania? Jujur, pertama kali dengar nama negara ini, aku sangat clueless saking asingnya. Sebab merasa tidak tahu namun sangat penasaran, akhirnya aku mulai mencari tahu tentang Lithuania.

Berikut profil singkat Negara Lithuania. Salah satu negara Baltik yang kaya akan sejarah.

Lithuania memiliki nama resmi Republik Lithuania. Berada dibenua Eropa Utara, Lithuania termasuk kedalam negara-negara Baltik bersama Estonia dan Latvia. Oiya, walaupun termasuk kedalam wilayah benua eropa sejak awal, nyatanya Lithuania baru tergabung dalam Uni Eropa sejak tahun 2004. Sedangkan untuk term Negara Baltik, berhubungan dengan geopolitik.

Seperti yang kubilang pada awal tulisan ini, Lithuania memiliki kekayaan sejarah. Sejarah Lithuania dimulai dan ditandai dengan perpindahan Suku Baltik ke wilayah Lithuania sekarang serta membentuk komunitas tersendiri pada puluhan ribu tahun yang lalu.

Time skip (karena terlelu panjang, jadi aku singkat) Lithuania menyatukan diri menjadi persemakmuran Polandia. Hingga akhirnya, Lithuania memisahkan diri dari Polandia dan Lithuania sempat diduduki oleh Uni Soviet sampai akhirnya, berhasil memerdekakan diri pada 11 Maret 1991.

Seperti halnya dengan negara edisi kemarin yakni Kazakhstan. Tentu di Lithuania banyak sekali peninggalan atau influence dari Uni Soviet terutama dapat dilihat pada arsitektur khas Uni Soviet di kota Vilnius yang tak lain ibu kota dari Lithuania. Selain, arsitektur khas Uni Soviet banyak juga ditemukan arsitektur khas lain seperti gothic.

Sebagai salah satu negara di Eropa Utara, maka tidak heran iklim dan suhu di Lithuania akan terdengar sangat ekstrim untuk mayoritas penduduk diwilayah tropis. Suhu rata-ratanya bisa mencapai -25°C dan suhu tetinggi Lithuania pada musim panas hanya sebesar 30°C.

Beralih pada hal yang membuatku sangat ingin ke Lithuania.

Di Lithuania, terdapat banyak tempat bersejarah yang indah. Beberapa yang paling menarik perhatianku.

Pertama Katedral Vilnius, katedral ini dibangun dengan arsitektur indah dan memiliki sejarah panjang terutama pada era Lithuania merupakan bagian dalam persemakmuran Polandia.

Kedua, Menara Vilnius. Menara yang mungkin banyak sekali dinegara manapun namun Menara Vilnius menawarkan pemandangan diseluruh penjuru Kota Vilnius.

Ketiga, Museum Nasional Lithuania. Tak lengkap bila mengunjungi sebuah negara tanpa mengunjungi museum diwilayah tersebut. Museum Nasional Lithuania tetntu menjanjikan koleksi terlengkap dan sangat layak untuk dikunjungi terutama bagi wisatawan yang ingin tahu lebih terkait sejarah, kebudayaan, dan politik yang pernah ada di Lithuania.

Keempat, Balai Kota. Lithuania memiliki keindahan arsitektur yang sangat unggul dan layak untuk dinikmati atau sekedar tahu. Balai kota yang sangat direkomendasikan untuk mengagumi keindahan Lithuania yakni Balai Kota Rotuse dan Balai Kota Vilnius.

Dan masih banyak lagi tempat indah yang aku ingin kunjungi bila memperoleh kesempatan bisa ke Lithuania. Tak hanya bisa ke Vilnius aku sangat ingin bisa ke kota lain seperti Klaipeda, Kaunas, dan Taurage.

Oiya, di Lithuania terdapat tradisi untuk menyambut kelulusan siswanya (mungkin disini lebih ke wisuda) yang dinamakan Last Bell. Aku kurang tahu apa hanya Lithuania atau ada negara lain namun tradisi ini sangatlah dinantikan dan hanya bisa dilihat bila berkunjung ke Lithuania pada minggu terakhir Bulan Mei tiap tahunnya.

Nah, segitu dulu yang bisa aku tuliskan tentang Lithuania. Samapi bertemu diedisi selanjutnya 😊

-mils

 

Sumber foto: wikipedia 

8 komentar:

  1. Terima kasih infonya, saya baru tahu kalau Lithuania adalah negara Persemakmuran dari Polandia. Aku kira emang lithuania ini masuk ke benua afrika ternyata aku salah 😅

    Negara yang banyak tempat untuk belajar salah satunya museum yang pasti banyak sekali pembalajaran di dalamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak. Iya akupun juga baru tahu kalo Lithuania sempet gabung persemakmuran polandia. Heheh gakpa kak, penting sekarang udah tahu, heheh.

      Bener, Lithuania sangat cocok buat yang suka sejarah :)

      Hapus
  2. Ha seriusan Lithuania itu negara aku kira bagian dari polandia karena gak begitu ngeh ternyata Negara Lithuania juga merdeka sudah lama. Ternyata banyak juga ya peninggalan prasejarahnya. Membayangkannya saja sudah takjub, semoga punya kesempatan berkunjung😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Lithuania tuh negara, kekeke

      Aamiin, pengen banget bisa kesana kak :")

      Hapus
  3. Aku baru dengar negara ada yang namanya Lithuania. Artikel yang bagus, Kak

    BalasHapus
  4. Ih keren banget pengen ke sini. Aku baru denger lo nama negara ini. Semoga bisa kesampaian kak.

    BalasHapus
  5. Aamiin. Semoga kita bisa kesana ya Kak Eka :"))

    BalasHapus