Kamis, 13 Juni 2024

6/13/2024 Mengapa Bendera Negara Nordik Serupa? Mengenal Negara Nordik

 Mengapa Bendera Negara Nordik Sama?

Negara Nordik, lebih tepatnya negara-negara Nordik merupakan sekumpulan negara yang terletak di wilayah Eropa Utara yang terdiri dari Norwegia, Swedia, Islandia, Denmark, dan Finlandia. Wilayahnya juga mencakup Kepulauan Faroe dan Greenland yang merupakan wilayah kepulauan otonom Denmark serta Kepulauan Åland yang merupakan wilayah kepulauan otonom Finlandia.

Membicarakan negara-negara Nordik tentu kurang bila tanpa membahas negara-negara Skandinavia. Pada dasarnya, keduanysa sama walau tak serupa. Skandinavia dan Nordik sama-sama sebutan untuk negara-negara yang berada di Eropa Utara.

Skandinavia secara terminologi beraasal dari kata “skane” yang berarti provinsi paling Selatan dari Swedia dan secara geografis terkini, terletak di Semenanjung Eropa Utara. Kelompok negara yang tergabung didalamnya terdiri atas Denmark, Norwegia, dan Swedia memiliki kesamaan Sejarah, budaya, mitologi, dan bahasa.

Nordik merupakan negara yang terbentuk dari Suku Bangsa Nordik (benar, yang kita kenal salah satunya Viking).

Secara sederhananya,

Negara Nordik terdiri dari Norwegia, Swedia, Islandia, Denmark, dan Finlandia

Negara Skandinavia terdiri dari Denmark, Norwegia, dan Swedia.

Wilayah Negara Nordik tentu lebih luas mencakup wilayah Eropa Utara dan mencakup kepulauan otonom didalamnya.

Dalam praktik kehidupan sehari-hari, Wilayah Negara Nordik memakai Bahasa Jerman Utara yang dikenal sebagai Bahasa Nordik atau Skandinavia. Telah dijelaskan diatas bahwa Negara Skandinavia saling identik termasuk Bahasa yakni Bahasa Denmark, Norwegia, dan Swedia  terutama bila ditulis maka akan terlihat lebih jelas gagasan yang sama.

Lalu, bagaimana dengan Bahasa di negara lainnya? Negara lain seperti Finlandia memiliki Bahasa Finlandia (Suomi), negara Islandia memiliki Bahasa mepertahankan karakteristik Norse kuno sama halnya Kepulauan Faroe namun keduanya tidak bisa dipahami satu sama lain. Terkahir, untuk Kepulauan Greenland memiliki Bahasa Inuit walau secara administrasi lebih banyak menggunakan Bahasa Denmark.

Lalu, Kembali pada topik utama pada judul. Mengapa bendera Negara Nordik serupa tapi tidak sama? Memang benar, Bendera Negara Nordik identik dengan Salib Horizontal atau Salib ke kiri dan hanya dibedakan oleh warnanya saja. Namun mengapa? Ada kisah apa didalamnya?

Disebut juga dengan Nordic cross atau Scandinavian cross ataupun Salib Nordik atau Salib Skandinavia yakni memiliki makna atau filososi “Tuhan beserta negara-negara Nordik” yang merepresentasikan Kristianitas.

Dalam sejarahnya, yang pertama kali memakai Salib Skandinavia adalah Negara Denmark yakni dalam peperangan melawan Estonia, jatuh bendera merah dan disusul dengan salib putih. Dalam filosofinya, mereka percaya bahwa Tuhan beserta pasukan Denmark hingga mampu memenangkan peperangan melawan Estonia.

Peristiwa itu dilanjutkan dengan peluasan wilayah Eropa Utara serta penyebaran agama Kristen kedalam wilayah luas tersebut.

Selanjutnya, disusul dengan peresmian bendera yang serupa oleh negara di wilayah yang mencakup Negara Nordik yang telah disebutkan diatas. Secara format, Bendera Salib Skandinavia atau Nordik ini, memiliki 4 format yang berbeda. Dan banyak juga negara diluar Kawasan Eropa Utara yang mengimplementasikan bendera ini.

Maknanya sendiri berbeda-beda tiap negaranya, tergantung berdasarkan warna penyusunnya

-          Denmark: Merah merepresentasikan semangat pertempuran, Putih merepresentasikan semangat penyebaran misi suci agama Kristen

-          Finlandia: Putih merepresentasikan salju, Biru tua merepresentasikan warna danau yang merupakan ciri geografis wilayah Finlandia

-          Islandia: menandakan kontur alam didalamnya, Merah merepresentasikan lava gunung berapi, putih salju, dan biru laut

-          Swedia: Warna Biru dan kuning merepresentasikan lambang kerajaan

-          Norwegia: Merah dan Putih merepresentasikan perluasan wilayah Kerajaan Denmark, biru dari Kerajaan Swedia

-          Kepulauan Faroe: Merah dan Biru merepresentasikan pakaian tradisional dan warna putih merepresentasikan warna langit dan buih ombak.

Nah, begitulah penjelasan singkat terkait Negara Nordik. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya

-mils

Sumber:

https://www.britannica.com/place/Nordic-countries

Tiktok akun AlberthaIvana

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar