Selasa, 18 Juni 2024

6/18/2024 Edisi Negara Impian: Aljazair

Aljazair, Keindahan didalam Afrika Utara 

Aljazair. Bila terlintas nama negara tersebut apa yang langsung terpikirkan?

Dulu, aku tidak begitu mencari tahu terkait Aljaizair. Sampai akhirnya, aku menyukai salah satu pembalap F2 yang sangat berbakat. Namanya, Isack Hadjar.

Awalnya, aku hanya tahu bahwa dia berasal dari Prancis berdasarkan bendera yang dipakai dalam profil. Namun, tatkala Isack banyak diperbincangkan media aku jadi tahu bahwa sebenarnya dia juga merupakan seorang Algerian (Orang Aljazair).

Berbekal Too Much Information (TMI) itu, aku jadi penasaran dan mulai mencari tahu tentang Aljazair. Rupanya, hal itu membuatku jatuh cinta pada Aljazair. Mengapa?

Berikut profil singkat Negara Aljazair yang telah kurangkum.

Negara Aljazair merupakan salah satu negara di Benua Afrika bagian Utara. Untuk informasi tambahan, negara yang berada di Afrika Utara antara lain Tunisia, Libya, Maroko, dan Mesir. Aljazair meperoleh kemajuan signifikan dalam tiap Indikator Pembangunan Manusia (IPM) sehingga membuat Aljazair masuk dalam kategori kelompok negara maju.

Sebagai informasi tambahan, Aljazair juga dikenal sebagai Algeria dan memiliki nama resmi Republik Demokratik Rakyat Aljazair. Aljazair terdiri atas 48 provinsi namun menurut sumber lain 58 provinsi.

Aljazair memperoleh kemerdakaan dari Prancis pada 5 Juli 1962. Pada tahun 1990-an terdapat protes dan larangan penggunaan Bahasa Prancis untuk perusahaan besar di Aljazair. Walaupun begitu, untuk sekarang, selain menggunakan bahasa resmi Bahasa Arab, Warga Aljazair terkadang juga memakai Bahasa Prancis.

Entah ini berhubungan atau tidak, namun aku juga menyadari terdapat banyak diaspora Aljazair di Prancis. Mungkin keterkaitan sejarah membuat hal itu terjadi.

Budaya di Aljazair sangat kaya dipengaruhi oleh berbagai etnis, suku, dan agama yang ada disana. Aljazair memiliki peninggalan prasejarah kuno termasuk Kebudayaan Ateria dan Kapsia.

Kembali ke topik geografi, kini Aljazair menjadi negara terbesar di benua Afrika setelah pecahnya wilayah Sudan pada 2011. Aljazair juga terkenal memiliki garis Pantai yang amat panjang mengacu bahwa negara ini juga merupakan negara kepulauan.

Selain garis Pantai yang panjang, Aljazair juga terkenal dengan wilayah gurun dan pegunungannya. Untuk iklim di Aljazair cenderung panas dan kering.

Komoditas utama di Aljazair adalah minyak dan juga gas alam.

Kini, aku cukupkan terkait profil singkat aljazair. Lalu, aku ingin membahas tempat-tempat yang ingin aku kunjungi.

Membicarakan sebuah negara tentu serasa janggal bila tidak membahas ibu kota dari negara tersebut. Ibu kota dari Aljazair adalah Aljir.

Di Aljir terdapat banyak sekali destinasi termasuk el hamma garden, masjid ketchaoua, la casbah, istana mostapha pacha, dan banyak lagi.

Selain itu, sbagaimana diketahui bahwa Aljazair memiliki banyak kekayaan tak hanya keindahan alam namun juga warisan sejarahnya termasuk warisan Kekaisaran Romawi terbesar kedua didunia setelah Italia sehingga bila mengunjungi Aljazair harus memasukkan museum kedalam daftar wajib kunjungan.

Nah, itulah sedikit yang bisa aku tulis tentang Aljazair.

-mils

 Sumber: wikipedia, travelalgebra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar