Sabtu, 15 Juni 2024

6/15/2024 Tips agar Buku Awet tidak Cepat Menguning dan Berjamur

 Tips agar Buku Awet tidak Cepat Menguning dan Berjamur

Buku

Tidak bisa dipungkiri, teknologi telah semakin berkebang. Kehidupan juga semakin terbantu dengan adanya teknologi termasuk teknologi digital.

Teknologi digital merujuk pada penggunaan teknologi computer dan elektronik untuk memproses, menyimpan, mentransmisikan informasi secara digital.

Nah, walaupun berkembangnya teknologi memudahkan siapapun untuk mengakses sesuatu secara digital. Namun, nyatanya ada beberapa hal yang tidak bisa tergantikan oleh digital. Salah satunya, buku fisik

Di era gempuran buku digital. Nyatanya, buku fisik masih memiliki tempat tersendiri bagi penikmatnya. Tentu banyak sekali alasan dibaliknya tergantuk subjektivitasnya.

Ada yang memilih buku fisik karena sensasi membacanya lebih terasa, menyimpan kenangan, ingin selalu membaca kapanpun sewaktu-waktu, suka bau buku, dan berbagai macam alasan lainnya.

Kalau aku pribadi, masih memilih menggunakan buku fisik karena bagiku buku fisik sangat ramah dilihat dan dibaca. Kondisi mataku, tidak memungkinkan untuk fokus dalam waktu yang lama pada benda digital sehingga buku digital tidak begitu aku jadikan pilihan.

Walaupun begitu, membaca buku digital juga memiliki sebuah masalah yang sering kali harus dihadapi oleh pembaca atau penikmatnya. Masalah tersebut adalah buku fisik yang halamannya menguning dan berjamur!

Mungkin, bagi beberapa orang, buku menguning tidaklah masalah, kesannya sangat vintage. Namun, terkadang bagi beberapa orang buku menguning merupakan sebuah masalah yang perlu dihadapi dan dicari solusinya.

Nah, berikut ada beberapa tips agar buku tidak cepat menguning dan berjamur:

Atur buku sedemikian rupa

Tidak harus menunggu koleksi buku berpuluh-puluh untuk menerapkan tips ini. 

Buku harus diatur sedemikian rupa dengan memberikan tempat penyimpanan yang sekiranya cahaya bisa tetap masuk namun bukan sinar matahari langsung, angin tetap ada, dan jarak antara tempat penyimpanan dibuat dengan perkiraan udara bisa tetap bersirkulasi dan tetap kering.

Tempat penyimpanan sendiri bisa berupa rak dengan bahan kayu ataupun plastik. Pertimbangkan dengan budget dan juga area yang akan dijadikan tempat penyimpanan.

Sebisa mungkin, ada sekat diantara lantai dengan baris pertama agar meminimalisir kemungkinan lembab. Bila ada budget lebih, bisa dipertimbangkan penggunaan rak dengan kaca untuk menghindari debu berlebih pada buku. Namun, memang aku anjurkan untuk memakai rak terbuka dibanding rak tertutup untuk menghindari kelembapan yang bisa meningkatkan kejadian buku berjamur.

Posisikan buku dengan cara ini

Sebisa mungkin, buku diposisikan berdiri (tegak) ketimbang tidur atau ditumpuk keatas. Posisi ditumpuk akan menyebabkan buku kekurangan sirkulasi dan berakhir menguning.

Maka dari itu, penggunaan rak sangat dianjurkan untuk penyimpanan buku. Namun, jangan khawatir bila keadaan belum memungkinkan penggunaan rak buku terbuka.

Ada berbagai pilihan seperti bila meletakkan buku di meja dapat menggunakan pembatas buku atau book stand, atau bisa dipertimbangkan pemasangan rak buku dinding atau ambalan. Bila memakai ambalan, usahakan buku tidak langsung menyentuh sisi dinding secara langsung.

Simpan buku pada plastik

tips ini memang sedikit lebih ribet namun memang terbukti dapat memperlambat proses penguningan dan terhindar dari debu. Caranya sendiri buku dapat dimasukkan kedalam plastik klip dan diberi silika gel.  

Tambahan: Beri kamper disekitar tempat penyimpanan

Selain buku menguning dan berjamur, ada juga masalah yang kerap dihadapi yakni rayap. Maka dari itu, beri kamper pada beberapa titik di rak atau lemari buku agar terhindar dari gigitan rayap pada buku.

Pertimbangkan penggunaan buku digital

Tips ini mungkin sedikit menyebalkan. Namun, bila telah dikondisi buku tetap menguning maka bisa dipertimbangkan untuk memulai membaca buku digital.

Buku memang tidak bisa sepenuhnya bebas dari proses penguningan. Hal tersebut dikarenakan pada kertas akan tetap terjadi proses oksidasi. Sederhananya, material kertas yakni pohon memiliki senyawa bernama lignin yang memungkinkan proses itu terjadi.

Membaca buku digital dapat dilakukan dengan menginstal berbagai aplikasi perpustakaan seperti iPusnas, Libby ataupun menggunakan tools baca seperti kindle

Nah, itulah sedikit tips agar buku tidak cepat menguning dan berjamur. Semoga membantu dan semangat terus untuk selalu menggiatkan kegiatan membaca

-mils

 

Sumber:

https://www.cakrawala.ac.id/berita/apa-itu-teknologi-digital

twitter:litbase


Tidak ada komentar:

Posting Komentar