Jumat, 14 Juni 2024

6/14/2024 Seri Pantai Selatan Malang: Pantai Teluk Asmara

Seri Pantai Selatan Malang: Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara merupakan salah satu Pantai indah yang terletak di Kabupaten Malang. Letaknya yang berada dalam Kawasan Jalur Lintas Selatan membuat Pantai Teluk Asmara begitu digandrungi wisatawan.

Memiliki keindahan yang telah diakui, Pantai Teluk Asmara kerap kali digadang-gadang sebagai tandingan Raja Ampat di Papua bila dikelola pihak yang tepat tentunya. Saat ini, Pantai Teluk Asmara dikelola oleh Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perhutani).

Nama lain yang kerap juga disebut untuk Pantai ini yakni Pantai Bangsong Teluk Asmara. Kata Bangsong berasal dari Gua yang berada di sisi barat yakni Gua Bangsong. Konon, didalamnya terdapat seorang pertapa yang bertapa hingga akhir hidupnya dan dikebumikan dalam gua tersebut.

Sedangkan nama Teluk berasal dari letak geografis dan Asmara berasal dari bentuk gugusan yang seperti membentuk daun waru. Walaupun seperti mengada-ngada sebab tidak ada sumber terpercaya terkait asal-usul namanya, namun sama sekali tidak mengurangi keindahan Pantai Teluk Asmara ini.

Pantai Teluk Asmara juga menyajikan gugusan pulau karang yang terbungkus vegetasi hijau sehingga keindahannya juga nampak sangat alami. Gelombang atau ombaknya relatif bisa dinikmati sebab telah pecah dan melambat akibat terhalang pulau-pulau karang sebelum sampai di tepi Pantai. Hamparan pasirnya yang putih dan masi asri menjadi salah satu pesona dari Pantai Teluk Asmara.

Beberapa aktivitas yang biasa dilakukan di Pantai Teluk Asmara yakni berenang, bersantai ria menikmati deburan ombak yang tidak begitu keras, mengabadikan momen di spot yang tersedia, bermain di hamparan pasir putih bisa juga dengan melihat matahari terbenam (mohon jangan ada pikiran untuk melihat matahari terbit disini).

Keindahan yang juga dilengkapi dengan spot-spot bukit yang banyak menyebabkan wisatawan bisa memilih spot untuk melihat matahari terbenam sesuai keinginan. Tentu saja dengan pertimbangan keamanan.

Pantai ini juga dilengkapi penginapan yang nyaman namun kurang lebih untuk tarif yang dibuat mungkin bisa dinegosiasikan. Bila ingin menikmati keindahan alam secara keseluruhan dan berhemat, mungkin pilihan berkemah juga bisa menjadi pertimbangan.

Pantai Teluk Asmara memiliki banyak pohon rindang disekitarnya dan memiliki pasir yang rata sehingga sangat cocok untuk berkemah. Agendanya memang klise, menikmati deburan ombak, membuat api unggun, melihat Bintang tanpa polusi Cahaya. Tentu saja, kegiatan ini aku sarankan terlebih biaya sewanya sangat terjangkau.


Aku tidak begitu tahu fasilitas yang tersedia sekarang, namun beberapa sumber mengatakan bahwa pengelola telah menambah fasilitas seperti snorkling dan flying fox. Selain itu, terdapat fasilitas basic yang tersedia lengkap seperti warung makan, kamar mandi, gazebo, dan mushola.  

Terlepas dari kasus yang pernah viral terkait biaya masuk yang mahal dan sikap pihak pengelola yang kurang ramah. Sebenarnya Pantai ini sama halnya dengan Pantai lain di Jalur Lintas Selatan yang mematok harga dikisaran Rp 10.000 dan parkir yang memang lebih mahal dari biasanya.

Walaupun begitu, keindahannya memang perlu diperhitungkan menjadi salah satu Pantai yang patut dikunjungi.

 

-mils

Sumber:

https://sites.google.com/guru.sma.belajar.id/pusatinfosiwisatapantaimalang/pantai-malang/pantai-teluk-asmara/sejarah-pantai-teluk-asmara  

https://nahwatravel.co.id/keindahan-pantai-teluk-asmara-di-malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar