Selasa, 11 Juni 2024

6/11/2024 Bunga indah, Bunga Bugenvil

Bunga indah, Bunga Bugenvil

Saat aku pergi kemanapun, terkadang aku sering salah fokus terhadap tanaman yang ditanam seseorang di halaman rumahnya. Beberapa menanam pohon yang berbuah dan beberapa menanam bunga hias.

Kali ini, aku akan membahas bunga yang paling sering aku temui. Yang warnanya beraneka ragam dan sangat cantik bila sedang mekar bergerombol. Apalagi kalau bukan Bunga Bugenvil atau bunga kertas.


Bunga Bugenvil memiliki nama ilmiah Bougainvillea dan berhabitat asli di Amerika Selatan. Namanya berasal dari seorang Prajurit Prancis yakni Sir Louis Antoine de Bougainville. Sedangkan sebutan bunga kertas diperolehnya sebab bung ini memiliki kelopak bunga yang tipis seperti kertas.

Bunga Bugenvil, memiliki berbagai macam spesies. Bunga ini memiliki warna antara lain ungu, merah, merah muda, orange, kuning, dan putih. Bunga Bugenvil, mudah dikembangkan yakni dengan menyemai batangnya.

Bunga Bugenvil rupanya juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Bunganya memiliki kandungan bermanfaat seperti antioksidan, antiinflamasi (anti peradangan), mengobati batuk, dan sakit tenggorokan. Untuk mengonsumsinya, Bunga Bugenvil biasa dibuat seperti the yang diseduh dengan air panas.

Di habitat aslinya, Bunga Bugenvil mayoritas memang ditanam di wilayang perumahan hingga taman. Saat ini, Bunga Bugenvil juga sering ditanam di halaman rumah untuk memberikan kesan rindang, teduh, dan menambah keindahan bila telah tumbuh rimbun.

Batangnya yang sedikit keras bisa tumbuh hingga ketinggian 10 meter. Selain itu, batangnya juga dipenuhi duri dan percabangan. Karna itulah, saat bermekaran Bunga Bugenvil dapat terlihat sangat indah karena tumbuh menyulur rapat.

Selain sangat indah untuk dipandang, Bunga Bugenvil rupanya menyimpan banyak mitos didalamnya. Antara lain, menanam Bunga Bugenvil di depan rumah akan mempersulit penghuninya yang lajang sulit menemukan jodoh, di dalam rumahnya terdapat gadis lajang, dan yang paling popular adalah menanam Bunga Bugenvil dapat menyebabkan rumah tangga tidak harmonis berujung cerai.

Mitos-mitos dipercaya karena dalam primbon menyebutkan Bunga Bugenvil dapat menciptakan kemalangan dan bencana dalam rumah tangga. Hal tersebut, konon katanya disebabkan adanya duri tajam pada batang Bunga Bugenvil.

Mitos tersebut berdasarkan kepercayaan dan tidak ada fakta ilmiah yang mendukung. Bagi seseorang yang mempercayai mitos tersebut Bunga Bugenvil adalah lambang kesialan namun bagi seseorang Bunga Bugenvil memberikan kesan indah. Jadi, pada akhirnya semua tergantung pada tiap orang dan yang pasti harus tetap bijaksana serta toleransi terhadap opini orang lain.

Setelah memaparkan kelebihan dan mitos yang beredar dimasyarakat, kini saatnya tahu kekurangan Bunga Bugenvil. Yakni, dikarenakan tumbuh subur dan rimbun, daun dan bunganya suka gugur sehingga perlu dirawat dengan telaten. Mulai dari rajin menyapu rerontokan daun dan bunganya yang gugur serta harus sering-sering memangkas batangnya.

Terlepas dari mitos dan kekurangannya, bukankah Bunga Bugenvil sangat indah?

-mils

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar