Minggu, 23 Juni 2024

6/23/2024 Tantangan: Menulis Biografi Kak Uci

Penulis Inspiratif, Produktif, dan Berprestasi: As Suci

Suatu hari, aku berinterkasi secara online dengan seorang mutual yang sama-sama tergabung dalam sebuah grup bernama “Sahabat Event Korea”. Rupanya, selain sama-sama menyukai hal-hal berbau Korea, kami juga berbagi tanggal lahir yang sama!

Nama mutualku tersebut adalah As Suci yang juga kerap dipanggil Kak Uci.

Selain seorang Korean Enthusiast1, Kak Uci juga merupakan sosok inspiratif, produktif, dan berprestasi.

Nah, untuk mengenal lebih jauh terkait Kak Uci, mari simak biografi As Suci berikut,

Kak Uci dalam kegiatan mendampingi murid-muridnya lomba Pramuka 

As Suci lahir di Jombang pada 18 Maret 1995.

Lain halnya dengan ke-5 kakaknya, sebagai anak bungsu, Kak Uci diberi nama yang terbilang singkat, padat, unik, dan indah yakni “As Suci” dengan makna "Jalan yang Suci". Orang tua Kak Uci berharap, sekotor dan sehina apapun dunia ini nantinya, Kak Uci akan tetap berada di jalan lurus dan suci, menegakkan keadilan, selalu berbuat baik, serta memandang segala sesuatu dari sudut pandang yang bersih dan jernih agar kelak bisa masuk ke Jannah-Nya dengan membawa serta kedua orang tuanya.

Kehidupan masa kecil hingga remaja Kak Uci tak lepas dari prestasi. Bagaimana tidak? Sejak kelas 1 hingga 12, Kak Uci selalu berhasil dan konsisten memperoleh peringkat 1. Hal tersebut membuat Ibu dari Kak Uci selalu memperoleh pujian karena berhasil membesarkan Kak Uci dengan sangat baik. Adapun kiat khusus yang dilakukan oleh Kak Uci hingga selalu konsisten memiliki peringkat 1 yakni mengenal metode belajar yang cocok.

Pada tingkat Madrasah Aliyah (setingkat dengan SMA) Kak Uci mulai melakukan eksplorasi terhadap banyak hal yakni berpartisipasi dalam olimpiade tingkat provinsi, lomba cerdas cermat, ekstrakulikuler Pramuka, hingga berpatisipasi dalam lomba Musabaqoh Fahmil Qur'an juga.

Sejak kecil, Kak Uci telah familiar dengan dunia literasi. Kak Uci kecil, sering dibelikan Majalah Bobo dan dari majalah tersebut, Kak Uci mulai suka membaca dan berimajinasi. Selain suka membaca, Kak Uci juga memiliki hobi menulis, mendengarkan musik pop dan menonton kartun.

Dalam menulis, Kak Uci memiliki ciri khas yakni membuat tulisan fiksi dengan kombinasi traveling. Format tulisan fiksi karya Kak Uci, berupa fiksi mini yang juga diperankan oleh Kak Uci dengan latar di negara-negara impian Kak Uci. Walau terkadang mengecoh beberapa orang, namun hal tersebut juga menjadi sebuah harapan dan doa yang selalu diaminkan oleh Kak Uci sendiri.

Sehari-hari Kak Uci memiliki kegiatan yang sangat sibuk. Pagi hingga sore, Kak Uci berfokus dalam kegiatan mengajar. Kak Uci merupakan seorang guru Bahasa Inggris untuk jenjang MI (setingkat SD) dan IPA untuk jenjang MTs (setingkat SMP) serta merupakan ustadzah untuk TPQ. Pada malam hari, Kak Uci manfaatkan waktunya untuk quality time2 bersama suaminya, dan melakukan hobi mulai dari membaca, scroll media sosial untuk memperoleh hiburan, serta menulis.

Kak Uci dalam kegiatan mendampingi murid-muridnya lomba Pramuka 

Saat menulis, Kak Uci memiliki tips dan trik yakni manfaatkan waktu luang untuk menulis sekalipun hasil tulisannya sedikit. Bila dalam proses menulis timbul kebosanan atau stuck3 dengan tulisan, maka bisa sekali membaca-baca tulisan yang didapat sebelumnya agar memperoleh pencerahan. Selain itu, semisal  memperoleh ide, bisa langsung dicatat pada notes di HP sehingga tidak lupa.

Adapun kiat khusus yang selalu dilakukan Kak Uci dalam menulis adalah, terus mempertajam tulisan dan selalu bermain di wilayah yang membuat Kak Uci nyaman yakni menulis fiksi mini traveling. Dengan segala ketekunan dan usaha tersebut, Kak Uci kerap kali mendapatkan juara dalam event-event menulis.

Walaupun sering memperoleh kemenangan dalam event menulis, nyatanya Kak Uci tidak pernah memasang target khusus dan selalu menganggap hal tersebut sebagai bonus dari Allah yang selalu Kak Uci syukuri. Yang terpenting bagi Kak Uci selama menulis, adalah bisa menuliskan suatu hal yang membawa manfaat dan membuat Kak Uci happy.

Kak Uci bergabung menjadi bagian komunitas One Day One Post (ODOP) sejak tahun 2019. Kala itu Kak Uci memutuskan bergabung dengan komunitas menulis agar hobi menulis Kak Uci terarahkan. Selama bergabung dengan ODOP, Kak Uci bertemu banyak penulis keren dan menginspirasi Kak Uci untuk terus berkarya sebagai seorang penulis.

Kak Uci dengan Baju K-Friends dari KTO

Selain menulis dalam format fiksi mini, Kak Uci yang juga seorang Korean Enthusiast juga aktif berkontribusi dalam kegiatan Korea Honorary Reporter (HR) atau biasa dikenal sebagai wartawan kehormatan yakni program dibawah naungan Korea.net4 untuk membagikan informasi positif yang berkaitan dengan kebudayaan Korea dalam bentuk tulisan.

sertifikat pengangkatan wartawan kehormatan tahun 2023

Kak Uci mulai menjadi bagian HR Indonesia sejak tahun 2022-2023.Sebagai seorang HR, Kak Uci ditantang untuk senantiasa membuat artikel berkualitas terkait Kebudayaan Korea. Dalam perjalanannya sebagai HR, Kak Uci berhasil menorehkan prestasi tatkala salah satu artikelnya berhasil terpilih menjadi artikel berbahasa Indonesia pertama yang berhasil menjadi trending topic5 di Indonesia.korea.net6

Pencapaian Kak Uci tersebut telah diabadikan menjadi sebuah postingan khusus dalam media sosial yakni Instagram korea.net.

Artikel Kak Uci Dipromosikan oleh Korea.net

Selain berhasil memperoleh pencapaian tersebut, Kak Uci juga terpilih untuk menjadi pemateri webinar untuk materi EYD dengan dihadiri HR Indonesia lain karena memiliki artikel dengan EYD terbaik.

Kak Uci sebagai Pemateri EYD dalam webinar HR Indonesia

Artikel HR Kak Uci 1

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Kak Margareth Theresia selaku manajer Bahasa Indonesia di Korea.net yang bertugas menjadi moderator.  

Kak Margareth Theresia bersama Kak Uci dalam webinar

Artikel HR Kak Uci 2

Dalam kesempatan tersebut juga, Kak Uci berhasil masuk nominasi HR terbaik periode 2022 dengan hadiah utama diundang langsung ke Korea Selatan untuk memperoleh penghargaan. Namun, karena kala itu Kak Uci masih HR junior jadi kesempatan tersebut diberi kepada HR yang lebih senior.

Pada 2024, Kak Uci memutuskan rehat sejenak dari kegiatan HR Indonesia dan berencana kembali aktif pada tahun depan.  

Memiliki tekad yang kuat dalam memajukan literasi di Indonesia, Kak Uci juga memulai langkah kecil mulai dari menginfluence banyak guru untuk terjun ke dunia literasi sehingga menyukai kegiatan tulis menulis. Kak Uci juga sering kali ditunjuk menjadi juri bila ada lomba menulis untuk memperingati kegiatan Bulan Bahasa.

Bagi Kak Uci, kegiatan menulis cukup dilakukan secara mengalir dan selalu pakai hati sekalipun tema dan diksi yang digunakan itu sederhana agar pesan yang diusung dapat tersampaikan dengan baik pada pembaca. Namun, untuk bisa melakukan hal tersebut harus rajin-rajin membaca agar perbendaharaan kata bisa terus bertambah.

Dan yang tak kalah pentingnya yakni harus mempelajari EYD serta KBBI terus-menerus, harus sering-sering ikut event menulis agar semakin terasah kemampuannya, menyicil bab-bab novel, memperluas relasi sampai luar negeri, seta sering membaca buku travel.


Instagram Kak Uci

Kak Uci memiliki beberapa role model7. Untuk kategori travel writer, Kak Uci menyukai Trinity dan sangat merekomendasikan untuk membaca karyanya yakni The Naked Traveler 1-8.

Kategori novelis dalam negri, role model Kak Uci meliputi Kang Abik, Ahmad Fuadi, Andrea Hirata, Dee Lestari. Sedangkan untuk novelis luar negeri, Kak Uci menyukai J.K. Rowling, Rick Riordan, J.R.R. Tolkien. Penulis-penulis tersebut menginspirasi Kak Uci dalam menyuguhkan cerita dan memakai diksi-diksi dalam karyanya.

Untuk novel, Kak Uci merekomendasikan untuk membaca karya-karya dari novelis Habiburrahman El Shirazy, Ahmad Fuadi, Andrea Hirata dan Dee Lestari untuk memperoleh banyak insight.

Akun Instagram Kak Uci untuk Fiksi mini travel karya Kak Uci

Akun Instagram Kak Uci untuk Karya Kak Uci

Sebagai penulis, Kak Uci ingin sekali jadi penulis go international8. Kak Uci juga berharap dapat menulis banyak novel dan travel book. Kak Uci berharap agar bisa menjadi novelis berprestasi dan travel writer terkemuka yang menghasilkan tulisan yang bermanfaat bagi banyak orang dan mendapatkan banyak penghargaan dari luar negeri agar bisa membanggakan Indonesia. Selain itu, Kak Uci juga ingin menjadi travel writer yang diundang ke berbagai negara untuk menuliskan keindahan alam serta budaya mereka serta menjadi novelis yang karyanya diangkat ke layar lebar. Hal tersebut agar nama Kak Uci bisa abadi dalam karya-karyanya.

Terakhir, Kak Uci memiliki pesan dan motivasi terhadap para pembaca ataupun penulis diluar sana

“Apa pun minat kalian, kembangkan! Jangan pernah takut dicemooh karena apa yang kita sukai. Jangan pernah takut gagal dalam memulai penggalian potensi. Nikmati proses yang ada. Karena dari situ kita akan menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya. Jadilah kebanggaan Indonesia melalui apa-apa yang kalian cintai atau tekun.

Jika kalian ingin jadi penulis juga, maka menulislah dengan baik. Buatlah karya yang bermanfaat. Agar kelak ketika kalian tiada, nama kalian akan tetap harum di dunia yang serba fana”

Wah, sungguh sangat luar biasa bukan, pesan dan motivasi dari Kak Uci. Nah, itulah biografi dari As Suci (Kak Uci) semoga tulisan biografi ini bisa memberikan manfaat dan memotivasi kita untuk senantiasa inspiratif, produktif, dan berprestasi seperti Kak Uci.

-mils

 

footnote:

1 Sebutan untuk pecinta Korea termasuk kebudayaan, film, musik, olahraga

2 Waktu yang digunakan untuk berpusat dalam kebersamaan

3 Situasi terjebak atau terperangkap. Biasa diekspresikan ketika mengeluhkan suatu hal

4 Portal web yang mewakili suara pemerintah Korea dan mempromosikan Korea

Kata kunci yang paling sering banyak dibicarakan secara real time

6 Laman resmi pemerintah Republik Korea

7 Seseorang yang dijadikan teladan dari segi pola pikir dan perilaku dalam sehari-hari

8 Menjadi terkenal atau mendunia

 

 

1 komentar:

  1. Keren sekali, ya, Kak Uci. Jadi nge-fans sama beliau. Terima kasih, Kak sudah mengulas Kak Uci.

    BalasHapus