Senin, 17 Juni 2024

6/17/2024 Edisi Negara Impian: Georgia

 Georgia, Negara di Asia dengan Atmosfer Eropa


Disaat menganggur ini, aku lebih banyak menikmati waktu luang dengan bersantai. Adakalanya, aku membuka sosial media dan melihat aktivitas yang diunggah oleh orang lain.

Tanpa disadari, karena kebiasaan itu aku jadi memiliki sebuah Impian baru yakni bisa berkeliling dunia seperti orang-orang yang menginfluence aku disosial media.

Sebut saja mereka adalah cilung, hirzq, leoedw, remadjalapuk, melinaqiwi, dan ellabahamady. Mereka telah menginsipirasiku untuk bisa berkeliling dunia.

Nah, berdasarkan keinginan dan harapanku untuk bisa berkeliling dunia itu. Aku memutuskan untuk membuah edisi tulisan negara-negara yang ingin sekali aku kunjungi.

Untuk edisi pertama ini, aku akan mulai membahas negara Georgia.

Negara Georgia merupakan negara yang terletak di Kawasan Asia Barat. Secara geografis, Georgia terletak di wilayah Kaukasus Selatan dengan kontur pegunungan. Letaknya yang berada di Asia Barat membuat Georgia berdekatan dengan Eropa Timur.

Memiliki Sejarah yang panjang, Georgia juga memiliki topografi yang rumit. Wilayah Georgia memiliki penyebutan tersendiri seperti wilayah barat disebut Kolkhis dan wilayah timur disebut Iberia.

Ibu kota Georgia adalah Tbilisi yang artinya hangat dan kota besar lainnya antara lain Kutaisi dan Batumi. Adapun kota-kota lain yang biasa dijadikan tujuan yakni Kota Kazbegi, Kakheti, Borjomi, Rustavi, dan Sokhumi.

Georgia, memiliki alfabet sendiri yakni Georgian Alphabets yang berjumlah 33 huruf. Kebanyakan warganya memakai Bahasa Georgia dan Rusia, namun tak jarang ditemukan yang bisa menggunakan Bahasa Inggris juga.

Sekedar pengingat, di dunia Gerogia bukan hanya nama negara yang sedang kita bahas. Namun, juga nama sebuah negara bagian di Amerika Serikat. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk memperjelas konteks dalam membahas Georgia.

Georgia kaya akan Sejarah. Bagaimana tidak? Sejarah menuliskan Georgia merupakan salah satu wilayah yang tertua didunia. Tercatat, Georgia telah ada sejak abad ke-11 dan merupakan tempat pertama Bangsa Eropa bermukim dibuktikan dengan ditemukannya kerangka pasangan di Dmansi yang telah berusia 1,8 juta tahun lamanya.

Selain memiliki Sejarah yang panjang, Georgia juga telah terdaftar sebagai pemilik situs warisan dunia UNESCO seperti situs Biara Gelati dan ibu kota Mtskheta.

Too Much Information lagi, Georgia merupakan tempat dimana wine dibuat pertama kali. Maka dari itu, bila berkesempatan mengunjungi Georgia, ada baiknya untuk mengunjungi tempat-tempat pengelolaan wine yang masih terjaga seperti dahulu kala.

Sekedar pengamatanku setelah melihat beberapa konten perjalanan ke Georgia, aku dapat menyimpulkan bahwa:

Akses ke Georgia untuk WNI dapat diperoleh dengan pengajuan E-Visa. Namun, perlu digaris bawahi bahwa imigrasi di bandara Georgia agak ketat. Adapun untuk menyiasati hal tersebut, bisa dengan mempersiapkan bukti saldo atm, saldo uang tunai, bukti booking penginapan.

Kebanyakan konten yang kutemui memilih melakukan perjalanan sekali jalan bila ke Georgia. Yakni, pergi ke negara lain seperti Turki, Armenia, dan Serbia.

Georgia terbilang aman untuk traveler wanita sehingga tidak perlu khawatir. Selain itu, sebagai negara dengan mayoritas warganya penganut Kristen ortodoks, Georgia juga ramah bagi traveler muslim.

Georgia memiliki banyak objek wisata yang beragam, Kekayaan alam yang sangat indah dan arsitektur bangunan yang kaya akan Sejarah membuat nilai lebih.

Untuk transportasi di Georgia sangat mudah dijangkau dan terkenal murah. Oiya, ini juga kelebihan Georgia yakni murah tidak hanya perihal transportasi namun juga makanan.  Transportasi di Georgia juga beragam, terdapat taksi, kereta bawah tanah, metro, boat dan cable car.

 

Na, itulah sedikit informasi terkait Negara Georgia yang telah aku kumpulkan. Aku sangat berharap bisa mengunjungi Georgia dimasa depan.

-mils

 

Sumber: bunniktours, bbc, wikipedia

Sumber gambar: Georgia.travel, bbc, wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar