Rabu, 05 Juni 2024

6/5/2024 Menelisik Makna Buah Delima

Pada pertengahan Bulan Mei, Aku yang menganggur (sampai sekarang) memutuskan untuk menonton Film Thailand yang dibintangi aktor favoritku yakni Billkin. Yang awalnya nonton diawal pemutaran karena takut turun layar dengan cepat, rupanya kini film tersebut telah menjadi Film Thailand yang paling banyak ditonton di Indonesia.

Judul filmnya “How To Make Billions Before Grandma Dies”


Dalam film tersebut, terdapat satu detail yang menurutku, akan sangat asyik ditelusuri yakni detail tentang Buah Delima. Yang bakal menjadi topik utama tulisanku hari ini.

Peringatan, Tulisan ini mungkin sedikit mengandung spoiler tentang film tersebut.

Dalam film tersebut, secara tak terduga, Amah memperlihatkan kasih sayang dan perhatian kepada cucunya, M. Salah satunya dengan merawat Buah Delima. Apa hubungannya?

Tatkala putra bungsunya, Soei mabuk dan meracau ingin memetik Buah Delima di depan rumah Amah, Amah melarangnya.

Scene itu sebenarnya samar. Namun, selanjutnya dijelaskan bahwa Amah menanam Pohon Delima tersebut tatkala M lahir ke dunia. Amah juga dengan telaten merawat pohon tersebut hingga berbuah dan tumbuh subur. Lalu, Amah menempati janjinya yakni intinya, hanya M yang boleh memiliki Buah Delima dari pohon yang ditanamnya (Oiya, sebenarnya ini ada keterkaitan dengan plot twist di film ini).

Sepulangnya dari menonton film, aku mulai mencari tahu terkait Buah Delima. Sesuai latar belakang tokoh dalam film tersebut yakni Chinese-Thailand, Buah Delima disimbolkan atau identik dengan kesuburan, kemakmuran, dan umur panjang. Buah yang bewarna merah tersebut, rupanya kerap kali disajikan dalam Perayaan Imlek dan dipercaya akan membawa keberuntungan.

Bijinya yang banyak, dipercaya dapat membawa kesuburan dan disimbolkan melimpahnya benih-benih keturunan yang banyak, berbudi luhur dengan masa depan yang diberkati. Buah Delima juga disimbolkan sebagai kelimpahan rezeki dan kekayaan serta kehidupan keluarga bahagia yang harmonis, cocok dengan harapan Amah terhadap keluarganya dalam film “How To Make Billions Before Grandma Dies”

biji buah delima

Beralih pada latar belakang lain, Buah Delima disimbolkan dalam kesuburan pernikahan di Suku Badui Timur Tengah dan bijinya yang melimpah dimakan oleh pasangan yang baru menikah tersebut dengan harapan dapat mempunyai banyak anak. Legenda menyatakan dalam Buah delima yang memiliki biji melimpah, salah satunya berisi biji yang turun dari surga.

Terlepas dari banyaknya simbol dan lambang positif dalam beberapa latar belakang didalamnya, Buah Delima sendiri juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Buah tersebut mengandung banyak antioksidan salah satunya senyawa ellagitannin yang dapat mengatasi peradangan dalam tubuh.

Sumber:

https://www.rri.co.id/aceh/hiburan/140951/jadi-buah-khas-imlek-kenali-makna-delima

https://www.healthline.com/nutrition/12-proven-benefits-of-pomegranate#3.-May-help-keep-inflammation-at-bay

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1118911/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar