Senin, 03 Juni 2024

6/3/2024. Kenapa Pohon itu Ada Dimana-mana? Mengenal Pohon Ketapang Kencana

Hal yang paling sering aku lakukan saat tidak ada kerjaan adalah bengong. Selama bengong, biasa terlintas berbagai pertanyaan random. Nah, untuk topik di blog hari ini, aku akan menuangkan salah satunya.

Disuatu siang yang sangat panas, aku berjalan di trotoar jalan untuk pulang. Aku merasa, trotoarnya sangat tidak ramah untuk pejalan kaki terlebih disiang hari. Lalu, skip ke beberapa hari kemudian, aku melihat sudah tertanam pohon-pohon yang dikatakan bibit terlalu besar, namun bila disebut pohon utuh terlalu kecil. Mungkin 1 meter lebih sedikit. Aku rasa, pihak kampus mendengar suara batinku. Lama-lama, pohon itu semakin besar, dan nampak semakin rindang. Walau aku tidak lagi berjalan kaki secara rutin, dampak teduhnya terasa meski tak seampuh pohon-pohon sebelumnya yang ditebang.

dokumentasi pribadi: penampakan Pohon Ketapang Kencana di pinggir trotoar kampus setelah beberapa tahun ditanam


Lalu skip lagi, ada suatu masa anak muda yang gak muda-muda banget ini jalan-jalan ke café bersama temen lama. Saat ke café untuk sekedar makan minum cantik, eh malah salah fokus pada pohon peneduh di café itu. Dalam batinku, sepertinya pohon itu sedang hype dimana-mana ya. Di trotoar kampus ada, di café ada, di rumah-rumah aestetik yang sering kulewatin ada. Aku jadi penasaran, itu pohon apa sih? Kenapa semua memilih menanam pohon itu? Apa istimewanya pohon itu?

dokumentasi pribadi: Pohon Ketapang Kencana di depan rumah aestetik yang aku lewati


Nah, sekian ceritaku yang ditutup beberapa pertanyaan random itu. Maaf karna agak panjang.


Tak lama setelah terbit pertanyaan-pertanyaan random itu, terjawablah bahwa nama pohon itu adalah Pohon Ketapang Kencana. Ingat, yang ada kencana-nya! 

Aku tahu karna mencari tahu? Tentu, tidak. 

Aku tahu sebab timeline twitterku tiba-tiba terdapat postingan yang membahas pohon itu. Baik, kini mari fokus pada Bintang utama topik kali ini, Pohon Ketapang Kencana. Pohon yang memiliki nama ilmiah Terminalia mantaly tersebut berhabitat asli di Madagaskar. Pohon Ketapang Kencana bisa tumbuh hingga lebih dari 15 meter dan biasa dimanfaatkan sebagai tanaman penghias taman atau sekedar penghidup di area publik. Tak hanya itu, bagian Pohon Ketapang Kencana seperti kulit batangnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal untuk mengatasi disentri.
 
Bila ditanam dipinggir jalan (seperti narasi awal yang aku sampaikan) Pohon Ketapang Kencana akan ditanam dalam jumlah banyak dan berbaris. Keunikannya, jelas terdapat pada bagian daun-daun kecilnya yang bergerombol dengan dahan lurus yang seperti membentuk payung teduh alami dan juga Pohon ketapang Kencana dapat tumbuh dengan cepat dalam beberapa tahun saja. Pohon Ketapang Kencana merupakan tumbuhan outdoor sehingga sangat doyan cahaya matahari.

Namun, ada sesuatu yang perlu dipikirkan dari tumbuhnya Pohon Ketapang Kencana. Sebab hype yang tinggi, terdapat ketidaktepatan lokasi penanaman pohon ini. Walau sangat bermanfaat sebagai peneduh alami dan menambah keaestetikan suatu tempat, dianjurkan untuk tidak menanam pohon Ketapang Kencana di rumah. Benar, di rumah. Alasannya, karena Pohon Ketapang Kencana cenderung susah untuk diurus ketimbang pohon lain. Daunnya yang mini dan bergerombol lebat akan mempersulit proses pembersihan dan sedikit mengganggu saat gugur. Akarnya akan tumbuh memanjang dan sangat kuat, bersifat destruktif atau merusak bangunan mulai dari tembok hingga ubin keramik disekitarnya. Maka dari itu, bila ada keinginan untuk menanam pohon hias bisa memilih alternatif lain seperti Pohon Tabebuya, Pohon Solobium (Pakis Brazil), Bonsai Cemara Udang. 

dokumentasi pribadi: Poton Tabebuya (tapi belum ada bunga bermekaran)


Pohon Ketapang Kencana memang meredam panas, memberikan sensasi rindang bagi tanaman ataupun manusia yang meneduh dibawahnya. Namun, memang lebih baik ditanam di area publik yang luas seperti pinggir jalan, pinggir lapangan, café, ataupun taman kota. Nah, sekian topik blog hari ini dari aku. Apabila ada salah kata atupun koreksi terhadap info yang tidak tepat, aku sangat-sangat terbuka untuk menerimanya.


Sumber: Ketapang Kencana: https://ayoketaman.com/web/pohon/Y1oyRjVBSFFxdkxQcFNNaXZsMy8vdz09 Ketapang Kencana: https://aset.dlh.tanjungpinangkota.go.id/berita/artikel/78-ketapang-kencana

1 komentar:

  1. Tanaman ketapang kencana merupakan tanaman yang kalau udah tumbeuh gede bagus buat adem halaman rumah tapi sayangnya akarnya itu yang lumayan kuat terus dapat menyebar bisa bikin tembok halaman rusak kalau Halaman rumah yang tidak terlalu luas tapi kalau halaman luas sih worth it banget tanaman yang satu ini

    BalasHapus